Detail Artikel

3 hal penting yang mesti dilakukan oleh MC Pernikahan!!!

Pernikahan adalah prosesi sakral yang penuh dengan makna. Menjadi bagian dari prosesi tersebut adalah momen yang sangat membahagiakan.

MC  menjadi salah satu bagian yang akan selalu hadir dalam proses pernikahan. Seorang MC mempunyai tugas mulia untuk menghantarkan acara demi acara hingga proses akad nikah selesai.

Pada dasarnya, MC pernikahan tak jauh berbeda dengan MC  pada acara lainnya. Hanya saja, ada sebuah rasa yang tak akan pernah ada selain di acara pernikahan.

Rasa haru, tegang, bahagia dan lainnya bercampur dalam prosesi mulia tersebut. Tentu, seorang MC  mempunyai peran untuk mengemas kumpulan rasa tersebut menjadi sebuah kebahagiaan.

Sebagai seorang MC , khususnya pernikahan, ada tiga hal yang seringkali terabaikan saat menggawangi acara. Alhasil, jalannya acara menjadi kurang harmonis.

So, jika Anda adalah MC  yang baru belajar mengawal acara pernikahan, silahkan perhatikan 3 hal ini agar acara yang Anda pandu semakin oke.

1. Koordinasi dengan panitia

Acara pernikahan bukan hanya acara kedua mempelai. Namun juga acara besar yang menyambungkan dua keluarga. Maka sangat wajar jika saat hari pernikahan muncul orang-orang yang ingin terlibat. Biasanya MC  merasakan hal tersebut. Bahkan bisa jadi mendapat instruksi berbeda dari orang berbeda.

Diawal, MC  perlu tahu siapa penanggung jawab bagian acara. Jadi MC  bisa koordinasi dengan penanggung jawabnya. Jika muncul banyak instruksi, fokus saja dengan instruksi dari penanggung jawab.

Koordinasi akan terus dilakukan dari awal persiapan hingga hari pernikahan tiba. Tujuannya agar Anda mendapat informasi terbaru dari panitia dan Anda pun bisa menghantarkan acara dengan tenang.

2. Pastikan rangkaian acara sudah fix

Kartu yang Anda pegang sebagai MC  adalah susunan acara. Pastikan rangkaian acara yang akan Anda bawakan sudah fix termasuk dengan orang-orang yang akan bertugas nantinya. Perhatikan juga hal-hal detail lainnya, mulai dari tamu undangan, nama dan gelar serta acara lainnya.

Agar memudahkan Anda sebagai MC , buatlah que card versi Anda sendiri agar acara bisa dengan mudah Anda bawakan. Sediakan juga pulpen atau stabilo untuk menulis jika ada revisi terkait acara.

3. Perhatikan waktu dengan seksama

Taraaa, ini dia hal yang paling krusial dalam setiap acara. Yess, ketepatan waktu! Sebagai MC, Anda akan berkutat dengan waktu yang terus berjalan. Apalagi acara pernikahan seringkali molor karena petugas KUA di hari yang sama mempunyai banyak tugas untuk menikahkan. Anda perlu melakukan improvisasi ketika hal itu terjadi.

Selain itu, Anda perlu memahami mana bagian acara yang wajib dan mana bagian acara yang sunah. Ketika waktu sudah molor, maka utamakanlah yang wajib yaitu akad nikah. Selanjutnya lakukan rangkaian acara lainnya setelah yang wajib selesai. Got it?

Oh iya, pastikan juga Anda selalu terhubung dengan panitia acara agar setiap perubahan selalu diketahui.

Kalo tahu ilmunya, semua gak ada yang sulit, betulkan? Moga-moga Anda yang nanti menjadi MC pernikahan bisa menggawangi acara dengan lancar dan pernikahannya berkah.

Good luck untuk anda yang akan menjadi MC pernikahan.

Fauzi Noerwenda

MC Wedding

 

 

Berlangganan Disini