Detail Artikel

Contoh Teks MC dan Naskah Panduan Resepsi Pernikahan

Resepsi pernikahan merupakan rangkaian akhir dari prosesi pernikahan. Resepsi merupakan bentuk ungkapan syukur keluarga pasca akad nikah berlangsung.

Resepsi biasanya mengundang keluarga, sahabat, kerabat dan lainnya untuk turut serta mendoakan mempelai. Ada apa aja sih rangkaian acara dalam resepsi pernikahan? Siap simak yah.

  1. Mapag Pengantin
  2. Sambutan dan Doa Resepsi
  3. Ucapan Selamat
  4. Foto Bersama
  5. Acara Opsional ( games, lempar bunga, pelepasan balon, penampilan pengantin, dll)

Untuk gambaran umum acara resepsi pernikahan biasanya tak jauh dari poin-poin diatas. Sekarang kita coba bahas rincian dari poin-poin tersebut beserta cara MC memandu acaranya.

  1. Mapag Pengantin

Mapag atau yang biasa disebut dengan kirab pengantin merupakan proses untuk menghantarkan pengantin menuju pelaminan. Dulu biasanya dilakukan dengan upacara adat, entah tarian atau lengser. Namun kini sudah banyak macamnya dengan gaya kekinian. Mulai dari iringan biola, kabaret dan musik modern lainnya.

Lalu, gimana cara memandunya? Biar mudah, saya bagi dalam dua tahapan yah.

Pengkondisian:

Hadirin tamu undangan yang berbahagia, sesaat lagi acara resepsi pernikahan akan segera dimulai. Kami mengundang Anda untuk menjadi bagian dari kebahagiaan kedua mempelai. Silakan Anda berdiri disamping kiri dan kanan karpet merah untuk membentuk pagar-pagar cinta bagi mempelai.

Pelaksanaan:

Hadirin tamu undangan yang berbahagia, marilah kita sambut pasangan terkasih dengan tepuk tangan Anda, Nurul Fadhilah dan Fauzi Noerwenda.

(Kedua mempelai berjalan hingga ke pelaminan sambil diiringi musik).

  1. Sambutan dan Doa Resepsi

Acara sambutan dan doa resepsi pun termasuk opsional. Ada juga yang langsung melangsungkan resepsi tanpa sambutan dan doa pembuka. Jika ada, Anda sebagai MC cukup memandu seperti acara pada umumnya.

Script MC

Cinta adalah untaian rasa yang hadir dengan penuh ketulusan. Sebagai ungkapan cinta dan ketulusan keluarga untuk seluruh tamu undangan yang hadir, akan ada sambutan dan doa pembuka yang akan disampaikan oleh Bapak Aris Munandar. Kepadanya kami silakan.

Oia, sambutan pembuka resepsi pun ada yang langsung disampaikan oleh pengantin. Jadi sebagai MC kita akan selalu berkoordinasi dengan panitia dan juga pengantin.

  1. Ucapan Selamat

Setelah sambutan dan doa pembuka selesai, tamu undangan dipersilakan untuk mengucapkan selamat dan doa kepada pengantin. Dari mulai sesi ini MC akan sangat fleksibel saat memandu acara. Jika ada live music, biasanya akan langsung tampil untuk menghibur para undangan yang hadir.

  1. Foto Bersama

Untuk foto Bersama, MC pastikan sudah memegang daftar foto dari keluarga. Untuk pemanggilannya diatur dengan penampilan tim musik dan juga kesiapan keluarga yang akan foto. Usahakan keluarga untuk segera foto diawal, karena bagi pengantin foto keluarga adalah momen penting yang perlu diabadikan.

  1. Acara Opsional

Adanya resepsi pernikahan bukan hanya sekedar acara seremonial, namun juga acara untuk membangun keakraban dan silaturahmi yang lama tak terhubung. Untuk itu, biasanya ada acara tambahan untuk menumbuhkan kedekatan dengan tamu undangan.

Mulai dari games hingga penampilan khusus dari pengantin. Hal-hal semacam ini akan berbeda sesuai dengan konsep yang pengantin inginkan. Jadi memang perlu dibahas dan direncanakan matang saat persiapan.

Ini contoh video saat sesi games di acara resepsi pernikahan.

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=JqCNSFyAflU[/embed]

Untuk detail dan cara memandu sesi-sesi khusus akan dibahas dalam tulisan terpisah yah. So, selamat berlatih lagi. Kalo ada masukan silakan langsung komen aja yah.

Selamat berlatih,

With Love

Fauzi Noerwenda

08-1313-7777-51

Berlangganan Disini