Detail Artikel

Contoh Teks Sungkeman Pernikahan

Sungkeman merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan doa dan permohonan restu kepada orang tua. Sesi sungkem dilakukan pasca ijab kabul selesai dilaksanakan.

Pada pelaksanaannya, ada beberapa cara yang biasa dilakukan. Ada pengantin yang langsung mengungkapkan secara lisan kepada orang tua. Ada juga yang langsung dipandu oleh MC.

Lalu, bagaimana memandu sesi acara sungkeman?

Untuk memudahkan, saya akan tuliskan alur intinya agar teman-teman MC bisa mengembangkan sesuai dengan gaya ngemsinya.

Pada umumnya, alur dari konten sungkeman terdiri dari:

  1. Permohonan Maaf
  2. Ucapan Terima Kasih
  3. Doa Restu
  4. Nasihat Pernikahan

Agar semakin terbayang, saya akan sertakan contoh untuk teks sungkeman.

Sungkeman kepada Ibu

Ibu, tahun demi tahun Engkau terus mendidik penuh cinta. Hingga akhirnya hari ini pun tiba. Hari dimana kami akan melangkah menjadi seseorang yang mandiri dalam wadah pernikahan yang baru saja kami mulai.

Ibu, dari hati terdalam kami memohon maaf jika selama ini banyak hal yang membuat ibu merasa sakit. Bukalah pintu maaf ibu agar kami bisa melangkah dengan penuh kebahagiaan.

Ibu, lembaran baru akan segera kami ukir. Untaian rasa terima kasih tak mampu kami sampaikan dengan banyaknya hal yang telah ibu berikan. Pernikahan ini pun terjadi karena peran ibu yang sangat luar biasa.

Ibu, kehidupan baru akan segera kami tapaki. Doakan kami agar bisa menjadi pasangan yang senantiasa penuh keberkahan. Doakan kami agar bisa menggapai pernikahan bahagia seperti yang telah ibu bangun puluhan tahun lamanya.

Ibu, sungguh doa dan nasihat dirimu adalah harta yang akan selalu kami tunggu dikala kami menjalankan bahtera rumah tangga.

Ibu, terima kasih untuk semuanya. Doakan kami agar bisa menjadi pasangan yang sakinah, mawwadah, warrahmah.

Sungkeman kepada Bapak

Bapak, sejak kami lahir hingga dewasa, Engkaulah sosok yang paling terdepan dalam mendidik. Engkau yang selalu menjadi teladan bagi keluarga.

Bapak, tibalah waktunya kami akan melangkah dalam kehidupan baru dan bersiap untuk mengaplikasikan apa-apa yang telah Engkau ajarkan.

Bapak, maafkan kami karena belum bisa berbakti kepadamu dengan baik. Maafkan kami karena begitu banyak hal yang seringkali membuatmu terluka karena tingkah dan ucapan kami.

Bapak, terima kasih sudah berjuang untuk membesarkan dan mendidik dengan luar biasa. Terima kasih pula sudah mengizinkan kami untuk melenggang dalam bahtera rumah tangga.

Bapak, jangan letih untuk memberikan doa dan nasihat kepada kami. Doakan agar kami bisa membangun rumah tangga seperti yang sudah bapak lakukan.

Terima kasih untuk segalanya bapak. Doakan kami agar bisa menjadi pasangan sakinah, mawwadah, warrahmah.

Selanjutnya sungkeman kepada mertua. Untuk redaksinya tinggal kembangkan dari naskah sungkeman orang tua.

Dan lagi, apa yang saya tulis adalah naskah versi general. Teman-teman sangat boleh melakukan pengembangan sesuai dengan yang terjadi di lapangan.

Sebagai gambaran, saya sertakan link video sungkeman yang pernah saya pandu.

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=deEpMn6q9FQ[/embed]

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=HcNicd3GyFI[/embed]

Selamat berlatih.

Berlangganan Disini