Detail Artikel

5 hal yang bisa dilakukan MC jika penghulu telat datang di akad pernikahan

“Pernikahan adalah momen sakral yang penuh cinta dan penuh dengan persiapan yang matang”

Pernikahan adalah sebuah impian. Setiap orang yang bersiap menuju fase pernikahan, pasti akan mempersiapkan impiannya dengan perencanaan yang matang. Mulai dari tamu undangan hingga rangkaian konsep acara yang penuh makna.

Kenapa perlu persiapan yang matang? Tentu agar hari bahagianya teratur dan setiap undangan yang hadir bisa menikmati suguhan acara yang disajikan. Selain itu, kedua mempelai bisa tenang memaknai setiap prosesi dalam pernikahan.

Namun tetap saja, dibalik persiapan yang matang, selalu saja ada hal-hal yang terjadi diluar dugaan. Salah satunya adalah keterlambatan sang penghulu ke akad pernikahan.

Terlambatnya sang penghulu merupakan faktor penting yang membuat konsep acara bisa berubah. Jika penghulu telat, maka akad nikah tidak bisa dilaksanakan. Bahkan keterlambatannya bisa berjam-jam loh.

Jika itu terjadi, maka MC akan berperan sangat vital. Keberlangsungan acara akan ditentukan oleh peran MC. Jika MC bingung mengisi kekosongan, bisa jadi acara semakin kacau. Namun jika MC berhasil mengatasinya, maka acara akan tetap tenang sesuai rencana. Jika Anda menjadi MC, apa yang akan Anda lakukan saat itu?

Well, don’t worry be happy guys! Untuk para MC, ada 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk mengisi kekosongan karena sang penghulu terlambat datang.

1. Menguatkan restu orang tua

Dua insan yang bersatu dalam akad pernikahan sangatlah membutuhkan restu dari kedua orang tua. Di sesi ini, Anda sebagai MC bisa memberikan kesempatan kepada calon mempelai wanita untuk menyampaikan permohonan izin menikah kepada orang tua. Biarkan calon pengantin wanita tersebut menyampaikan permohonannya. Jika membutuhkan teks, minta bantuan panitia untuk menyiapkannya. Selepas itu, kedua orang tua akan menjawab permohonan izin adinda tercintanya.

2. Berdoa dan bersholawat bersama

Ketulusan niat menjadi fondasi penting bagi mempelai dalam menjalankan bahtera rumah tangganya kelak. Maka, ajaklah kedua mempelai, keluarga serta tamu undangan yang hadir untuk meluruskan niat dengan berdoa dilanjutkan dengan bersholawat bersama. Jika ada sesepuh dari keluarga, ajaklah untuk memandu sesi tersebut. Jika tidak ada, Anda sebagai MC yang memandu.

3. Interaksi ringan dengan keluarga mempelai

Menjelang akad pernikahan, biasanya suasana akan semakin tegang. Apalagi jika penghulu telat datang, boleh jadi ketegangan semakin membuncah. Sebagai MC, Anda perlu membuat suasana kembali tenang. Lakukanlah interaksi ringan dengan mempelai dan keluarga. Mulai dari bertanya kabar, rencana ke depan dan pertanyaan lainnya yang membuat suasana menjadi cair. Bahkan Anda bisa juga mengeluarkan candaan ringan, tinggal lihat apakah kondisinya pas atau tidak.

4. Wejangan pernikahan

Pernikahan adalah pintu gerbang menuju perjalanan panjang yang penuh dengan tantangan-tantangan baru. Bekal perjalanan menjadi kebutuhan wajib bagi pengantin baru. Maka Anda bisa meminta perwakilan keluarga, ustadz, sesepuh dan lainnya untuk menyampaikan wejangan pernikahan.

5. Koordinasi dengan pihak WO atau panitia (sambutan lama, tilawah)

Keberlangsungan acara akad nikah akan semakin baik jika ada koordinasi dengan wedding organizer. Jika MC sudah tahu perkiraan penghulu tiba, maka Anda bisa melakukan beberapa trik jadul, diantaranya:

-sesi sambutan diperpanjang

-mempersiapkan para petugas yang terlibat dalam akad nikah menuju area akad

-pembacaan ayat suci al-qur’an dan terjemahannya bisa langsung dimulai

Well, itulah lima hal yang bisa Anda lakukan sebagai MC jika penghulu yang bertugas terlambat hadir. Yang paling penting dari semuanya, lakukan dengan keadaan tenang dan santai seolah-olah tidak terjadi apa pun. Bila perlu, jangan sampai tamu undangan tahu kalo yang dilakukan MC adalah sesi untuk mengisi kekosongan. Biarkan semua mengalir dan menjadi skenario terbaik dalam acara tersebut.

Anyway, jika Anda mempunyai pengalaman berbeda, silakan share di kolom komentar yah agar semakin banyak solusi yang bisa dihadirkan.

Semoga lima langkah ini membantu Anda dalam mewujudkan acara pernikahan yang penuh makna. Selamat mempraktekan (jika mengalami kasus penghulu terlambat)

Salam hangat,

Fauzi Noerwenda

 

 

Berlangganan Disini