Detail Artikel

3 Cara Menutup Acara bagi MC dengan mengesankan

Dalam sebuah acara, pembukaan dan penutupan adalah dua momen krusial yang perlu diperhatikan. Pembukaan dan penutupan boleh jadi akan menjadi titik perhatian bagi setiap audience yang memperhatikan. Maka sudah sewajarnya kita melakukan teknik pembukaan dan penutupan yang elegan.

Setelah sebelumnya dibahas tentang teknik pembukaan dalam sebuah acara, silakan dicek tulisan tentang pembukaan di tautan ini (http://www.sanggarmc.com/detail-artikel.php?kode=1), kini saatnya untuk membahas teknik dalam penutupan agar acaranya semakin terasa mengesankan.

Sama dengan prinsip pembukaan, penutupan pun perlu dilakukan dengan elegan. Kabar baiknya, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan dalam menutup acara. Agar semakin mudah diingat, kami rangkum tekniknya menjadi sebuah kata, yaitu UAP.

1.    Ulas Acara

Di sesi terakhir, MC bertugas untuk mengulas rangkaian acara yang sudah dilaksanakan. Ingat, cukup mengulas acaranya saja. MC tidak perlu panjang lebar mengulas materi dari pembicara. Cukup dengan ulasan acara saja.

2.    Apresiasi

Hal penting kedua yang perlu MC lakukan adalah memberikan apresiasi kepada setiap elemen acara yang hadir. Mulai dari peserta, pembicara, panitia dan pendukung acara lainnya. Apresiasi merupakan wujud peduli dan penghargaan MC kepada setiap komponen yang sudah membantu mensukseskan jalannya acara.

3.    Penutupan

Jika kedua hal tadi sudah dilakukan, tibalah bagi MC untuk memberikan kata pamungkas untuk penutupan. Agar semakin terngiang dibenak audience, MC bisa menutup dengan melakukan 3 cara. Sayangnya 3 cara tersebut tidak akan dibahas langsung disini. Silakan cek di artikel web sanggar MC. Kami akan menuliskannya di artikel terpisah.

So, mudahkan melakukan teknik penutupan untuk MC? Cara-cara ini sederhana kok. Selanjutnya tinggal Anda biasakan agar nantinya Anda semakin ahli dalam menutup acara dengan mengesankan.

Selamat mencoba.

 

 

 

Berlangganan Disini