Detail Artikel

Tips Menghadapi Perbedaan Audience

“Perbedaan itu indah, yang tidak indah adalah jika mempermasalahkan perbedaan tadi”

-Anonymous-

Oleh: Fauzi Noerwenda

Perbedaan adalah bentuk keragaman yang membuat hidup semakin berwarna. Faktanya, perbedaan itulah yang membuat diri semakin berperan dalam setiap sendi kehidupan.

Dalam konteks public speaking, perbedaan sangat jelas terpampang nyata dihadapan. Lantas tugas kita bukan mempersalahkan perbedaan, namun justru menjadikan perbedaan sebagai senjata agar penampilan semakin berbeda.

Satu hal pasti yang seringkali dihadapi adalah keragaman audience yang hadir. Dalam satu acara, bisa jadi terdapat beberapa jenis audience. Mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan hingga ibu rumah tangga. Seandainya itu terjadi pada Anda, hal apa saja yang akan Anda lakukan?

Don’t worry be happy guys. Ada 3 tips yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi perbedaan.

1. Gunakan sapaan umum untuk audience

Sapaan umum menjadi jembatan agar audience tidak merasa risih dengan status dirinya yang berbeda. Justru sapaan umum membuat audience menjadi satu ditengah ramainya keragaman. Contoh sapaan umum yang sering digunakan: teman-teman, kawan-kawan atau hadirin.

2. Apresiasi kehadiran audience

Bangun apresiasi positif kepada setiap audience yang hadir. Bila perlu, sapa masing-masing level peserta yang berbeda kemudian berikan apresiasi dengan cara yang berbeda. Dengan begitu audience akan merasa dihargai kehadirannya dan tidak risih dengan statusnya yang beragam.

3. Menjadikan perbedaan sebagai wujud penghargaan

Perbedaan dari setiap audience bisa Anda gunakan menjadi metode efektif dalam menyampaikan pesan. Anda bisa melebur peserta dan mengajaknya terlibat dalam aktivitas, misalnya simulasi atau permainan. Hal itu justru membuat Anda memiliki ragam cara untuk menghargai audience.

Perbedaan pada dasarnya adalah hal yang sangat wajar. Bukan perbedaan yang menjadi masalah. Namun bagaimana cara kita menyikapi perbedaan tersebut.

Seharusnya perbedaan bukan lagi menjadi masalah tatkala Anda mampu menjadikannya sebagai media untuk mengoptimalkan presentasi Anda.

Jadikanlah audience yang berbeda sebagai sahabat Anda dalam membuat pesan yang Anda sampaikan semakin mengesankan.

Selamat mencoba.

 

Berlangganan Disini