Detail Artikel

Profil MC Agung Wibisono

Muhammad Agung Wibisono – Master of Ceremony

 

Muhammad Agung Wibisono dengan sapaan akrabnya Agung adalah seorang MC kece dengan suara “lembut seperti kapas“. Agung menceritakan hal menarik yang membuatnya terjerumus ke dalam dunia MC.

Mengapa Agung memilih menjadi MC?

Saat masih kuliah, Agung aktif dalam organisasi di kampus. Setiap organisasi mengadakan acara Agung selalu menjadi MC karena memang nggak ada yang mau, jadi Agung terpaksa menjadi MC. Hehe.

Setelah lulus kuliah, Agung mengikuti tes bakat. Menurut hasil tes bakat tersebut kelebihan Agung adalah seorang educator, motivator, ambassador, dan communicator. Agung sudah menyadari hal tersebut tapi sebelumnya masih diabaikan.

Agung pernah bekerja di sebuah perusahaan ritel ternama di Jawa Barat. Salah satu hal yang Agung kerjakan adalah meningkatkan jumlah sales. Dengan kemampuan suaranya yang khas, saat itu Agung melakukan promosi melalui audio land. Ternyata hasilnya sales mengalami peningkatan dan respon positif pun diberikan oleh atasan dan rekan kerjanya.

Apa yang Agung lakukan makin membuatnya tersadar dengan kemampuan yang ia miliki. Berawal dari mengikuti pelatihan public speaking di Jatinangor, Agung mendapat saran bahwa ia cocok menjadi MC acara non formal. Hingga akhirnya ia menemukan kelas MC For Beginner yang diselenggarakan oleh Ganesha Public Speaking pada bulan Februari 2018 yang dilatih oleh Kang Fauzi Noerwenda.

Agung merasa puas belajar dikelas tersebut, pandangannya terhadap profesi MC semakin terbuka dan ia pun mengambil keputusan untuk menjadi seorang MC profesional.

 

 

 

Menurut Agung, apa sih MC itu dan apa perannya dalam sebuah acara?

Ibarat sebuah tim, di dalam tim terdapat pemimpin. Dimana pemimpin merupakan ruh yang akan menjadi energi bagi anggota timnya. Sama halnya dengan MC. MC adalah seorang pemimpin yang merupakan ruh dari sebuah acara yang dibawakan.

Agung pernah membuat artikel yang berjudul “MC As Leader“, jiwa sebagai pemimpin dibutuhkan sebagai seorang MC. Selengkapnya silakan cek di www.agungwibisono.com.

Apa yang dilakukan agar keinginan menjadi MC terwujud?

Keputusan Agung ingin menjadi MC adalah keputusan yang bulat. Keinginan untuk bertumbuh membuat Agung enjoy menjalani prosesnya walaupun harus mengeluarkan rupiah, toh untuk investasi leher ke atas bisa membuatnya berkembang.

Salah satu cara yang dilakukan adalah mengikuti MC Class For Beginner dari Ganesha Public Speaking, dan itu pilihan yang tepat. Setelah menjadi alumni Ganesha Public Speaking, para alumni diberikan fasilitas oleh kang guru Fauzi Noerwenda untuk bisa bergabung dalam platformnya yaitu Sanggar MC. Mulai dari sanalah job pertama profesional Agung didapatkan.

Bagaimana pengalaman pertama saat menjadi MC?

Pengalaman MC profesional Agung dilakukan pada acara simulasi SBMPTN 2018 di Cianjur. Kesan pertama saat sampai Cianjur, ternyata panas, hehe. Acara dilaksanakan pada pagi hari pukul 07.30. Pada saat opening acara, audience datar banget, ditambah kondisi ruangan yang lumayan panas dan tidak ada AC. Hal itu menjadi tantangan bagi Agung.

Saat jeda, Agung melakukan evaluasi dan mencari trik agar bisa mencairkan suasana. Tantangannya, dalam rundown tidak ada kesempatan untuk melakukan improvisasi. Namun naluri MC berkata lain. Agung memutuskan harus memberikan ice breaking agar suasan menjadi nyaman.

Bingo! Ternyata audience menjadi cair dengan tawa lepas yang mereka hadirkan. Terlihat audience bisa melepas beban yang dialami saat itu. Tawa dari audience seakan memberikan energi baru bagi Agung dalam memandu acara.

 

Apa pesan Agung untuk pembaca yang ingin menjadi MC?

Jika Anda ingin menjadi MC, sadari bahwa keputusan Anda adalah keputusan yang hadir tanpa keterpaksaan. Yes, Anda memang tulus menjadi MC.

Selanjutnya, setelah Anda membuat keputusan yang bulat, Anda harus mempunyai keinginan untuk bertumbuh. Artinya jangan berpuas diri dengan kemampuan Anda saat ini, teruslah belajar untuk meningkatkan kapasitas diri.

Terakhir, niatkan profesi sebagai MC adalah untuk kebermaknaan. Maknai saat Anda mendapatkan job sebagai MC adalah momen untuk membantu kesulitan yang sedang klien hadapi. Insyaallah apa yang Anda kerjakan bernilai ibadah.

Berlangganan Disini