Detail Artikel

Profil MC Hanifa Paramitha

Hanifa Paramitha Siswanti – Master of Ceremony & Presenter TV

Hanifa Paramitha atau yang akrab disapa Ifa ini adalah seorang mojang Bandung dengan ragam prestasi. Ifa adalah seorang MC yang sering memandu berbagai macam acara. Ifa memilih menjadi MC karena pada dasarnya Ifa senang menggiring orang. Menggiring dalam kebaikan tentunya. Hihi.

Bagi Ifa, MC adalah seseorang yg harus mikir cepat, mikir cerdas, mesti cekatan, membuat cair, meramu cerita dan memiliki cakrawala. Maka, jika Anda ingin menjadi seorang MC, Anda wajib untuk terus belajar, belajar dan belajar.

Bagaimana pengalaman pertama Ifa saat menjadi MC?

Sejak dulu, Ifa terbiasa jadi orang di balik layar dalam hal apapun, baik kegiatan organisasi, komunitas, maupun kepanitiaan lainnya. Ifa lebih nyaman untuk bekerja dan berkarya secara bayangan. Apalagi latar belakang dan minatnya di dunia kepenulisan, dimana kata-kata dalam benak lebih bisa tercurah ketika tidak sedang berada dalam tatapan banyak orang.

Ifa merasa lebih bebas mengarahkan dan tidak perlu memikirkan penampilan. Seapa adanya diri  aja, toh gak terlihat oleh publik. Hehe

Tapi suatu saat, tepatnya di awal tahun 2013, Ifa oleh teman-teman panitia di daulat untuk menjadi MC acara pengajian yang jumlah pesertanya sekitar 150 orang. Saat itu Ifa bingung karena sudah lama banget gak berhadapan dengan audience sebegitu banyak. Meskipun ngemsi tandem, tetap saja gugup. Meskipun pegang susunan acara, Ifa bingung mau bilang apa. Hahaha.

Ifa lebih mikirin tanggapan peserta juga sih. Takut dibilang garinglah, gak ramelah, gak sesuai tema pengajianlah. Tapi Alhamdulillah semua ketakutan itu berhasil dilewati dengan banyak komat kamit berdoa setiap jeda ngemsi.

Dari situ, perlahan tapi pasti, job ngemsi justru malah mulai mengalir. Ifa pun berpikir, gak ada salahnya mencoba ambil. Toh kalaupun memang gak nyaman, Ifa bakal hentikan kegiatan ini. Nyatanya, Ifa malah menikmati dan keterusan sampai sekarang. Ternyata ngemsi itu bikin bahagia tiada tara.

Untuk Anda yang akan mengawali karir MC, halau segala rasa takut ngomong dengan keberanian. Berani itu bukan gak punya rasa takut, tapi kemauan untuk menghadapi rasa takut itu sendiri.

“Untuk segala permulaan, hal yang penting bukan “mampu“, melainkan “mau“.

-Hanifa Paramitha Siswanti-

Berlangganan Disini