Detail Artikel

Profil MC Puji Siti Milatul Kamilah

Puji Siti Milatul Kamilah – Master of Ceremony

Puji adalah seorang mojang asli Ciamis yang sangat senang dengan dunia MC. Perkenalannya dengan dunia MC berawal pada tahun 2012. Kala itu, untuk pertama kali Puji “terpaksa” harus menjadi MC dalam acara workshop “Pencegahan Tindak Pidana Korupsi” yang diselenggarakan oleh BEM FISIP Universitas Galuh Ciamis.

Unforgettable memory, Puji menyiapkan naskah MC sendiri, berlatih didepan kaca berkali-kali, belajar mengolah vocalizing ketika berbicara, cari-cari referensi video MC di youtube kemudian saya aplikasikan ilmu ATM (amati, tiru, modifikasi).

Setelah acara usai, hal tak disangka terjadi. Pujian hadir dari orang-orang dan mereka melabeli bahwa “Puji jago nge-MC”. Padahal itu adalah momen pertama, tapi Puji merasakan beban yang besar dengan label tersebut. Sejak itu pula, setiap ada acara kampus Puji selalu diminta menjadi MC. Tidak hanya di kampus, Puji pun mulai merambah ke acara di luar kampus seperti memandu acara KNPI Kab.Ciamis, berbagai partai, ormas, komunitas dan perusahaan.

Kecemerlangan Puji tercium oleh Ibu Endah Vestikowati yang merupakan dosennya. Beliau menyuruh Puji untuk mengikuti seleksi Pegawai Tetap UGM non-PNS untuk posisi MC. Awalnya sempet ragu karena kuota yang dibutuhkan hanya 1 orang saja. Tapi Puji tetep melangkah untuk mencoba.

Singkat cerita, dari sekian banyak yang daftar, Puji merupakan salah satu dari 17 orang yang lolos administrasi kemudian dipanggil interview oleh pihak Humas & protokol UGM. Proses seleksi yang dilalui diantaranya membuat naskah MC formal dan MC acara penandatanganan kerjasama.

Meskipun Puji tidak berhasil melenggang sampai tahap akhir, beragam pengalaman Puji dapatkan sehingga menjadi modal awal untuk berkarir sebagai MC.

Bagi Puji, kemampuan menjadi seorang MC merupakan sebuah anugerah Tuhan yang harus disyukuri dengan cara terus mengasah dan melatihnya di depan orang banyak.

MC adalah 4P yaitu seorang pemandu acara, pengendali acara, pembawa acara serta pengatur acara yang bertugas memandu, mengedalikan, membawakan serta mengatur rentetan acara secara teratur dan rapi, mulai dari opening hingga closing. Kemampuan MC akan sangat menentukan apakah acara berlangsung dengan sukses, lancar atau tidak.

Untuk itu, MC perlu memahami perannya dengan sepenuh jiwa. Diantaranya:

-Memastikan acara berjalan lancar dan tepat waktu

-Harus paham keseluruhan acara yang akan berlangsung

-Mengecek kesiapan acara

-Menyusun acara dengan baik

-Mengecek kehadiran orang-orang penting yang akan hadir

-Menarik perhatian audiens untuk mengikuti jalannya acara dari awal hingga akhir

-Berkonsentrasi menyimak detail jalannya acara

-Mengendalikan waktu agar acara berjalan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan

Jika sudah memahami peran MC, lalu apa lagi yang perlu dilakukan untuk memulai karir MC?

Ada tiga hal yang ingin Puji bagikan untuk pembaca semua:

Pertama, tanamkan prinsip “Khoirunnas anfa uhum linnas”, bermanfaat dulu aja untuk orang banyak karena setelah itu rezeki akan mengikuti. Dengan kata lain, ketika kita berani menjadi MC maka kita sudah membantu acara orang lain. Jangan memilah besar kecilnya acara atau ada bayaran atau nggak, nikmati dulu aja panggungnya. Puji pun berawal dibayar dengan satu dus snack berisi makanan.

Kedua, percara diri. Pede adalah modal awal yang harus dimiliki seorang MC. Dengan percaya diri, seorang MC bisa menguasai panggung, membawa audiens, berinteraksi, menjalankan rundown dan mengatur jalannya acara.

Ketiga, Fleksibel. MC wajib beradaptasi dengan lingkungan tempat dia melakukan tugasnya. MC juga harus masuk ke semua audiens, apapun profesinya, strata sosial, usia dan jenis kelaminnya.

“Jangan memilah besar kecilnya acara atau ada bayaran atau nggak, nikmati dulu aja panggungnya. Puji pun berawal dibayar dengan satu dus snack berisi makanan”.

-Puji Siti Milatul Kamilah-

 

Berlangganan Disini